Selasa, 28 September 2010

Tiga Sukhoi Rusia Diserah-terimakan

Jakarta-HARIAN BANGSA
Tiga pesawat Sukhoi resmi diserahkan perusahaan  Rosoboronexport asal Rusia ke Indonesia. Dengan demikian, jumlah total pesawat tempur canggih tersebut yang dimiliki Indonesia ada 10 buah.

Serah terima ketiga pesawat Sukhoi itu dilakukan di Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (27/9/2010). Serah terima dilakukan antara Dirjen Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan Laksda Susilo dan Deputi Direktur Umum Rosoboronexport Victor Mikhailovich Komardin.
Acara tersebut disaksikan Menteri Pertahanan (Menhan) Purnomo Yusgiantoro,  Dubes RI untuk Rusia Hamid Awaluddin, Dubes Rusia untuk Indonesia Alexander Ivanov dan KSAU Marsekal Imam Sufaat.
Usai acara serah terima, Purnomo mengatakan, dengan kehadiran 3 pesawat ini berarti Indonesia telah memiliki 10 pesawat Sukhoi. Jumlah tersebut akan terus ditambah untuk memperkuat sistem pertahanan udara Indonesia.
"Jumlah itu akan terus ditambah mengingat luas wilayah dan ancaman yang selalu ada. Perekonimian negara terus meningkat, jadi kita mampu membayar untuk kekuatan TNI ke depan," kata Purnomo.
Sebelum pelaksanaan serah terima itu, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyempatkan ikut terbang bersama di pesawat Sukhoi SU-30 double seat. Pesawat itu dipiloti Komandan Skadron 11 Wing 5 Letkol (Pnb) Tony Haryono, di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar.
Penerbangan selama 30 menit ini juga diiringi oleh satu Sukhoi lainnya yang mengangkut Komandan Lanud Sultan Hasanuddin, Marsekal Pertama Agus Supriatna. Purnomo saat ditemui detikcom usai meninjau Sukhoi, mengaku puas dan optimistis dengan sistem pertahanan udara TNI AU di Skadron 11 Lanud Sultan Hasanuddin.
"Hasilnya sangat meyakinkan dan membuktikan kita siap mempertahankan kedaulatan negara kita," kata Purnomo.
Setelah itu, serah terima berlangsung sekitar pukul 10.00 WITA. Anggota DPR yang hadir yakni Wakil Ketua Komisi I dari FPDIP Mayjen Purn TB Hasanuddin, anggota Komisi I lainnya yakni Roy Suryo, Primus Yustisio dan Fayakun Andriadi.
Wakil Ketua Komisi I dari FPDIP Mayjen Purn TB Hasanuddin mengatakan, Sukhoi yang baru diserahterimakan itu akan dibawa ke Panglima Komando operasi TNI AU di Hasanuddin.
"Jadi total Sukhoi yang baru ada 10. Pada 5 Oktober, 7 Sukhoi akan dipamerkan," ujar Hasanuddin. Terkait tiga pesawat Sukhoi itu, sempat diwarnai tewasnya tiga teknisi dari tim warranty Rusia akibat menenggak minuman keras dicampur spiritus.  (nik/det)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar